Beranda Lipsus Editorial

5 Legislator DPRD Kepri Ikut Tanding, Pilkada Karimun Rasa Pemilu Legislatif

0
Kolase foto 6 orang Calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun-f/dokumen-hariankepri.com

PARA Bakal Calon (Balon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karimun, telah bermunculan. Setidaknya, saat ini ada 6 figur, atau tiga pasang calon (paslon), yang sudah mendapat rekomendasi partai.

Pasangan pertama, ada Firmansyah dan Eri Suandi. Firmansyah saat ini masih berstatus sebagai birokrat, yang menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun. Dia diusung maju sebagai Calon Bupati (Cabup) Karimun, dari Golkar.

Sedangkan wakilnya adalah, Eri Suandi. Politisi PDIP ini sudah dua periode duduk sebagai anggota DPRD Kepri, dan kembali terpilih pada Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2024. Pasangan calon ini sudah mengantongi dukungan tiga partai. Golkar, PDIP dan PAN, dengan perolehan 11 kursi DPRD Karimun.

Pasangan kedua adalah, Iskandarsyah dan Rocky Marciano Bawole. Dua-duanya murni politisi, yang berkiprah di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepri, periode 2019-2024. Meskipun, Iskandar akhirnya memutuskan mundur pada tahun 2020, karena ikut Pilkada Karimun.

Iskandar yang merupakan Ketua Bapilu PKS Kepri ini, juga sudah mendapat rekomendasi dari tiga partai. Yakni, PKB, Gerindra dan PKS. Mantan Wakil Ketua DPRD Kepri 2004-2009 ini, maju sebagai Calon Bupati Karimun.

Untuk wakilnya adalah Rocky Bawole. Seperti diketahui, Rocky adalah kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan sudah satu dekade bercokol sebagai anggota DPRD Kepri. Pasangan ini pun sudah cukup syarat untuk maju, dengan kekuatan 10 kursi DPRD Karimun.

Bakal paslon ketiga adalah Bakti Lubis dan Raja Bahtiar. Sebagai Ketua DPD Hanura Provinsi Kepri, Bakti Lubis telah mengantongi Surat Keputusan (SK) dari DPP Hanura, untuk maju sebagai Cabup Karimun bersama Raja Bahtiar.

Pada pekan lalu, pasangan ini telah menyempurnakan syarat dukungan, setelah Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan SK kepada pasangan ini.

Baca juga:  Pemprov Kucurkan Rp 519 Miliar untuk 74 Proyek Strategis, PUPR Paling Banyak

Sebagai bakal calon Wakil Bupati Karimun, Raja Bahtiar juga bukan tokoh sembarangan. Pernah menduduki jabatan Ketua DPRD Karimun pada 2009-2014, dilanjutkan sebagai anggota DPRD Kepri dua periode, kader Golkar ini dinilai cukup mumpuni mendampingi Bakti Lubis.

Dengan demikian, maka lima orang bakal calon kepala daerah Kabupaten Karimun untuk Pilkada 2024, merupakan politisi, yang semuanya dilantik sebagai anggota DPRD Kepri pada tahun 2019 silam, sebagai perwakilan dari Dapil Kepri 3, Karimun. (fik)

example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini