Beranda Daerah Bintan

Prosesnya Lama, Warga Keluhkan Atrean e-Tiket RoRo Tanjunguban

0
Sejumlah mobil dan motor sedang mengantre untuk scan barcode e-tiket di pintu loket Pelabuhan Penyeberangan RoRo Tanjunguban-Batam-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Sejumlah penumpang mengeluhkan penerapan tiket kapal RoRo online melalui website trip.ferizy.com, di Pelabuhan Penyeberangan Tanjunguban, Bintan ke Pelabuhan Telaga Punggur, Kota Batam, Jumat (30/8/2024).

Salah seorang penumpang asal Kota Tanjungpinang bernama Wina, ikut mengeluhkan pelayanan e-tiket tersebut. Pasalnya, dirinya lama mengantre di loket pendaftaran untuk mendapatkan tiket online Kapal RoRo di Kawasan Pelabuhan Tanjunguban.

“Pembelian tiket menggunakan barcode lewat aplikasi e-tiket ferizy. Susah urus dan lama. Baru bisa dapat tiket jam 1 siang, lalu berangkat jam 6 sore,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, tempat pelayanan e-tiket di Pelabuhan RoRo Tanjunguban, tidak ada ruang tunggunya untuk warga. Harusnya, pihak ASDP memberikan kenyamanan penumpang.

“Terpaksa, kami menunggu di bawah pohon di area pelabuhan. Mana panas lagi,” imbuhnya dengan nada kesal.

Sementara itu, Penggungjawab ASDP Tanjunguban, Sukma Nugraha mengatakan, kendalanya adalah penumpang yang menggunakan motor dan mobil belum membeli e-tiket datang secara bersamaan.

Lalu, pihaknya mengarahkan para penumpang ke loket untuk kendaraan bagian depan pelabuhan. Dan 1 loket lagi untuk pejalan kaki di bagian belakang pintu masuk pemeriksaan.

“Penumpang-penumpang itu ke loket bukan untuk scan barcode tiket, tapi malah minta diajarin satu per satu cara mendaftar e-tiket di HP masing-masing,” jelasnya.

Akhirnya, menurut Sukma, terjadi penumpukan pendaftaran tiket online di loket. Harusnya petugas loket itu, merupakan tempat scan barcode tiket penumpang.

“Kami sarankan bagi warga yang hendak menyeberang ke Batam agar terlebih dahulu mendaftar tiket online dari rumah melalui website trip.ferizy.com,” ucapnya.

Adapun tata cara pembelian tiket ferry online (e-tiket) bagi penumpang yakni, melalui website trip.ferizy.com. Kemudian, login menggunakan alamat email dan password yang telah didaftarkan.

Baca juga:  Gubernur Ansar Jadikan Pulau Dompak Sebagai Kawasan Wisata Lengkap

Selanjutnya, mengisi data pelabuhan asal, pelabuhan tujuan, layanan, jenis pengguna jasa, golongan, jadwal masuk pelabuhan, dan jumlah penumpang kendaraan sesuai dengan identitas diri masing-masing sepeti KTP-el, SIM atau paspor.

“Dan isi data nomor plat kendaraan,” sebutnya.

Lalu, pastikan nominal harga tiket yang akan dibayar sesuai angka di dalam website. Setelah pembayaran tiket sukses, maka e-tiket dapat diunduh sebagai bukti untuk diperlihatkan ke petugas ASDP saat tiba di pelabuhan. (rul)

example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini