Beranda Daerah Bintan

Tingkatkan Partisipasi Suara di Pilkada, Panwascam Binut Sasar Pemilih Pemula

0
Sejumlah pemilih pemula serta warga Bintan Utara sedang berdialog dengan Anggota Panwascam Binut terkait pilkada 2024-f/istimewa-panwascam binut

BINTAN (HAKA) – Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Bintan Utara (Binut), melakukan berbagai kegiatan pengawasan partisipatif masyarakat terhadap pelaksanaan pilkada di Bintan.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H) Panwascam Bintu, Adi Agus Setiawan mengatakan, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah, sosialisasi ke masyarakat.

Ia menerangkan, untuk meningkatkan angka partisipatif masyarakat di pilkada tahun 2024 ini, adalah generasi muda terutama pemilih pemula yang masih duduk di bangku SMA sederajat.

Pasalnya kata dia, berdasarkan data pemilih sementara yang diumumkan oleh KPU Bintan, di Binut mayoritas pemilih pemula.

Untuk itu, mereka mengajak generasi muda untuk datang ke TPS pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, serta Bupati dan Wakil Bupati Bintan pada pemilihan nanti.

Menurutnya, kaum muda itu perlu diberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya demokrasi khususnya dalam pelaksanaan pilkada 2024 ini.

Sebab, kelompok pemilih itu merupakan generasi penerus untuk menentukan arah pembangunan bangsa dan negara, daerah depannya.

“Mereka dapat menjadi pemilih yang cerdas dan menjadi insan muda yang mengawal proses demokrasi di Kecamatan Bintan Utara,” tutup Adi.

Jika ada black campaign atau ada pemberian uang serta barang kepada warga, maka dapat melaporkannya ke Panwaslu atau Bawaslu Bintan.

“Intinya, mari kita sama-sama pengawal dan mengawasi setiap proses tahapan, agar pilkada di Bintan khususnya Binut dapat berjalan dengan sukses, aman dan tertib,” imbuhnya. (rul)

Baca juga:  Sekda Lantik 5 Pejabat, Sekretaris BPPRD dan Bapelitbang Tukar Tempat
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini