Beranda Daerah Bintan

Peringatan Hari Santri Nasional, Plt Bupati Ahdi Singgung Resolusi Jihad Tahun 1945

0
Plt Bupati Bintan Ahdi Muqsith bersama para santri dan Kapolsek Gunung Kijang usai upacara Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Bintan di halaman Pondok Pesantren Madani Tebuireng, Toapaya-f/istimewa-kominfo bintan

BINTAN (HAKA) – Plt Bupati Bintan Ahdi Muqsith menjadi pembina upacara Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Bintan, di halaman Pondok Pesantren Madani Tebuireng Bintan, Selasa (22/10/2024).

Upacara itu dihadiri ratusan santri dari beberapa pondok pesantren di wilayah Kabupaten Bintan.

Dalam kesempatan itu, Ahdi mengatakan, peringatan itu ditetapkan Pemerintah Pusat untuk menghormati, dan mengingat peran santri dan pesantren dalam sejarah perjuangan bangsa mempertahankan kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Plt Bupati Bintan Ahdi Muqsith bersama para ulama serta tim pengibar bendera Hari Satri Nasional di Pondok Pesantren Madani Tebuireng, Toapaya-f/istimewa-diskominfo bintan

Selain itu, kata Ahdi, kegiatan itu juga merupakan momentum untuk meneladani para santri dalam perjuangan melawan penjajah. Artinya, sejarah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah saat itu.

“Salah satu bukti perlawanan santri terhadap para penjajah adalah peristiwa Resolusi Jihad, pada tanggal 22 Oktober 1945, yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kyai Haji Hasyim Asy’ari,” jelasnya.

Ahdi mengingatkan, jika para pendahulu telah mewariskan nilai-nilai luhur bangsa, maka santri saat ini bertanggungjawab untuk tetap berkonstribusi dalam membangun untuk mewujudkan cita-cita bangsa dan negara ini.

Plt Bupati Bintan Ahdi Muqsith bersama para ulama dalam acara upacara Hari Satri Nasional tingkat Kabupaten Bintan, di halaman Pondok Pesantren Madani Tebuireng, Toapaya-f/istimewa-diskominfo bintan

“Masa depan Indonesia, salah satunya ada di pundak para santri. Maka diharapkan, Hari Santri 2024 ini menjadi momentum untuk memperkuat komitmen agar Indonesia lebih baik lagi ke depannya,” pesannya.

Ahdi kembali mengajak seluruh santri di Bintan khususnya peserta upacara agar senantiasa mendoakan para pahlawan, termasuk para ulama dan santri yang gugur sebagai kesuma bangsa.

“Saya yakin, para santri saat ini akan memegang estafet kepemimpinan sebagai nahkoda yang akan menentukan arah bangsa di masa mendatang,” tutupnya. (adv)

Baca juga:  Pimpinan DPRD dan Komisi I Cek Kesiapan Puskesmas Bunguran Barat Hadapi Covid-19
example bannerexample banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini